Menandai Data secara Langsung - Mapinfo Professional Tutorial
Menandai Data secara Langsung

Menandai data secara langsung dapat dilakukan pada tabel dan view. Pemilihan data pada tabel dapat dilakukan dengan meng-klik data atau record yang akan ditandai dengan toolbar Select (). Bila anda ingin menandai lebih dari satu record, tekan dan tahan tombol Shift melalui keyboad sambil meng-klik beberapa record yang akan dipilih. Untuk memilih semua record dalam tabel, klik toolbar Select All (). Sementara untuk menghilangkan satu penandaan record, tekan tombol shift melalui keyboard, lalu klik record yang telah tertandai. Sedangkan untuk menghilangkan penandaan seluruh record, klik toolbar Select None (). Anda juga dapat membalik posisi record yang terpilih dengan yang tidak terpilih melalui menu Edit - Switch Selection atau toolbar () seperti pada gambar di bawah ini.

a b

Gambar 4.11. Memilih data dengan cara switch selection, (a) Data semula yang terpilih (b) Setelah dilakukan switch selection.

Untuk memudahkan pengamatan terhadap data yang terpilih, anda dapat menempatkan record-record tersebut pada urutan pertama, dengan menggunakan menu Table - Promote atau mengklik toolbar promote ().

Jumlah record yang ditandai pada tabel akan ditampilkan pada toolbar baris nomor 2 seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 4.12. Informasi 4 record yang ditandai dari 9 record yang ada.

Disini juga akan dibahas sedikit tentang cara menandai record melalui view. Untuk menandai objek pada view, aktifkan view dimana objek akan ditandai. Aktifkan atau pilih theme yang akan ditandai. Gunakan toolbar Selection Feature (). Klik objek (feature) yang akan ditandai. Kombinasikan dengan menekan tombol Shift bila anda ingin memilih beberapa objek. Anda juga dapat memilih beberapa objek dengan membuat kotak melalui toolbar selection feature. Objek yang berada secara keseluruhan atau sebagian dalam kotak akan ditandai. Perhatikan gambar berikut.

a b

Gambar 4.13. Cara menandai objek dengan membuat kotak (a), objek yang ditandai (b).

Untuk menghapus penandaan data, caranya sama seperti pada tabel. Untuk pengilangkan satu penandaan objek, tekan tombol shift lalu klik objek yang telah ditandai. Sedangkan untuk menghilangkan penandaan semua objek, klik toolbar Select None ().

Menandai data atau objek pada view dapat pula dilakukan dengan perintah Select By Theme dari menu Theme. Namun sebelumnya anda harus mengaktifkan theme yang akan ditandai terlebih dahulu sebelum mengambil menu Select By Theme. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 4.14. Kotak dialog Select By Theme.

Pilih hubungan spasial antar objek yang ditandai (theme aktif) dengan objek penanda pada daftar pilihan Select feature of active themes that, dan tentukan theme yang objeknya akan digunakan sebagai penanda (theme selector) pada daftar pillihan the selected features of. New Set artinya membuat pilihan baru, Add to Set adalah menambahkan objek yang terpilih. Bila sebelumnya telah ada objek yang terpilih maka jumlah total objek yang terpilih menjadi lebih banyak, dan Select from Set berarti menandai objek dari objek yang telah tertandai.

Ada 6 macam hubungan spasial antar objek seperti tabel di bawah ini.

Tabel 4.1. Macam-macam hubungan spasial antar objek.

No

Hubungan spasial

Penjelasan

1

Are Completely Within

Menandai objek pada theme target (theme yang akan ditandai) yang secara keseluruhan berada pada satu atau beberapa objek theme penanda (selector).

2

Completely Contain

Menandai objek pada theme target dimana satu atau beberapa objek theme selector berapa pada objek tersebut

3

Have their Center In

Menandai objek pada theme target yang titik tengahnya berada pada objek theme penanda (selector).

4

Contain the Center Of

Menandai objek pada theme target dimana satu atau beberapa titik tengah objek theme selector berapa pada objek tersebut.

5

Intersect

Menandai objek pada theme target yang berpotongan dengan objek theme selector. Mininal ada satu titik yang yang berpotongan.

6

Are Within Distance Of

Menandai objek pada theme target dengan jarak yang ditentukan dengan objek theme selector. Anda harus mengisi jarak tersebut dengan satuan distante unit yang diatur pada properti view.

Di bawah ditampilkan satu contoh pemilihan stasiun curah hujan yang hanya terletak di Kabupaten Bangli dari data stasiun curah hujan seluruh Bali. Langkah-langkahnya adalah aktifkan theme titik stasiun curah hujan tersebut, kemudian gunakan submenu Select By Theme dari menu Theme. Bila kotak dialog seperti di atas muncul pilih Bangli.shp pada daftar pilihan the selected features of seperti kotak dialog di atas. Kemudian pada relasi spasial anda dapat menggunakan Are Completely Within, Have their Center In, atau Intersect dengan hasil yang sama. Hasilnya ada 6 titik yang ditandai seperti gambar di bawah ini.

a b

Gambar 4.15. Menandai stasiun hujan yang ada di Kabupaten Bangli, (a) sebelum dipilih dan (b) setelah dipilih.

Mau Berkomentar?

Nama :

Alamat :
Komentar :
Ada 39 komentar telah masuk 1/8
Haris. Kalimantan Barat, Pontianak. Salam Kenal Pak...Saya Mau Tanya,,,Gimana cara membuat Grid_2500 dan Seterus Nya....Tolong balas ke email saya pak Email : esaya29@ymail.comTerimakasih Pak Sebelumnya
Haris Pratama. Kalimantan Barat. Salam Kenal Pak...Saya Mau Tanya,,,Gimana cara membuat Grid_2500 dan Seterus Nya....Tolong balas ke email saya pak Email : esaya29.comTerimakasih Pak Sebelumnya
Juksen Sagisolo. Jl.babarsari Tb/10/no/8. Sangat baik
Donny. Pemalang. pa cara menghilangkan peta gimana pa contoh : pekalongan , trus saya mau menghilangkan yang bagian timur selatan barat , kecuali timur... pleas bls donnyfa745@gmail.com makasih
Fikran. Makassar. PAK SAYA PUNYA LAPTOP HANYA BISA MENGGUNAKAN WINDOWS 8 64 BYT, GMANA CARANYA SAYA INSTAL EKSTENSION ANALISISNYA? KARNA HANYA 32 EKTENSION SAYA PAK