Menambah & Menghapus Baris dan Kolom - Mapinfo Professional Tutorial
Menambah & Menghapus Baris dan Kolom

Menambah baris atau record pada tabel dapat dilakukan dengan menu Edit - Add Record atau shortcut key Ctrl+ A. Tampilan tabel setelah ditambahkan satu record seperti pada gambar berikut.

Gambar 4.20. Tampilan tabel setelah ditambah satu record.

Sementara untuk menghapus record, tandai terlebih dahulu satu atau beberapa record yang akan dihapus, kemudian pilih Delete Record dari menu Edit. Bila anda salah melakukan penghapusan, anda dapat menggunakan menu Edit - Undo Edit atau Ctrl+Z untuk membatal?kan, atau anda juga dapat membatalkan pembatalan melalui menu Edit - Redo Edit atau Ctrl+Y.

Untuk menambah kolom atau field pada tabel, gunakan menu Edit - Add Field. Kotak dialog berikut akan muncul.

Gambar 4.21. Kotak dialog menambahkan field.

Beberapa hal yang perlu dilengkapi dari kotak dialog di atas adalah sebagai berikut.

1. Name, Isikan dengan nama field. Nama field tidak boleh ada karakter kurung siku ([]) dan jumlahnya tidak melebihi 10 karakter. Bila anda membuat nama field terlalu panjang, ArcView akan memberikan kita konfirmasi bahwa nama field yang kita diketikkan tersebut akan digunakan sebagai Alias, sementara nama field yang sebenarnya akan dipotong.

Gambar 4.22. Konfirmasi yang muncul saat kita mengetik nama field yang telalu panjang.

2. Type, Pilih tipe field yang telah disediakan. ArcView menyediakan 4 macam tipe field, diantaranya Number, String, Boolean, dan Date. Field bertipe Number digunakan untuk menyimpan data angka yang akan dikalkukasi. String dipakai untuk menyimpan data alfanumerik (huruf, angka, spasi, dan tanda baca). Tipe field string tidak dapat digunakan untuk perhitungan. Field tipe boolean hanya menimpan data True dan False atau T dan F. Sementara Date menyimpan data tanggal dengan format YYYYMMDD. Misalnya tanggal 11 Mei 2007 akan disimpan dengan dengan nilai 20070511.

3. Width, Isikan dengan lebar field dalam satuan karakter. Isian Width ini hanya akan aktif atau perlu dilengkapi apabila anda memilih tipe field number atau string. Sementara tipe field boolean dan date mempunyai panjang tetap. Untuk field bertipe numerik, angka di belakang desimal dan karakter desimal itu sendiri perlu diperhitugkan. Misalnya anda akan menyimpan nilai maksimum suatu field 999,99, maka anda harus menggunakan lebar field 6.

4. Decimal Places, menunjukkan angka dibelakang desimal yang akan digunakan pada field tersebut. Ini hanya berlaku untuk field bertipe numerik.

Pada contoh ini kita akan menambahkan satu field dengan nama Luas_Ha, tipe numerik, lebar 10, dan Decimal 2. Kotak dialog Definition Field akan tampak seperti pada gambar barikut.

Gambar 4.23. Kotak dialog Definition Field yang telah dilengkapi.

Tampilan Tabel yang telah ditambah 1 field adalah sebagai berikut.

Gambar 4.24. Tampilan tabel setelah field ditambah.

Bila anda ingin menghapus field yang sudah ada, tandai dulu field tersebut dengan cara meng-klik judul fieldnya. Pada gambar 4.24, field Luas_Ha sedang ditandai. Bila field telah ditandai, gunakan menu Edit - Delete Field untuk menghapusnya. Bila konfirmasi berikut muncul klik Yes.

Gambar 4.25. Konfirmasi penghapusan field.

Catatan

Penambahan dan penghapusan field pada tabel tidak akan mempengaruhi objek grafis pada view. Sementara penghapusan record akan mengurangi jumlah objek dalam view.

T i p

1. Nama field tidak dapat diganti. Apabila anda ingin mengganti nama field, tambahkan field baru dengan nama yang diinginkan kemudian gunakan perintah Calculate untuk menyalin field yang akan diganti namanya ke field yang baru dibuat. Apabila data telah dicopy ke field yang baru, hapus field yang lama.

2. Apabila susunan field tidak sesuai dengan keinginan anda, anda dapat mengatur susunan field dengan jalan men-drag judul field ke tempat yang diigninkan. Dengan catatan tabel harus dalam posisi editing.

Mau Berkomentar?

Nama :

Alamat :
Komentar :
Ada 31 komentar telah masuk 1/7
Sri Harjanti. Sri.harjanti@bps.go.id. kalo data arcview yang lain spt peta tidak bisa muncul apa yang harus di setting pak. Terimakasih
Rahmat Taufik. Medan. Pak, Bagaiman Cara Buat Klasifikasi lereng dengan MapInfo Pak
Epriana. Lampung. pak kok align tool nya gk aktif ya ? apa kira2 masalah di arcviewnya ?
Rifky. Semarang. bapak kenapa kok kalo kita mengatur skala selalu berubah ubah ya/misal kita masukan skala petama hasilnya 1:30.000 terus saya hapus dan saya masukan lagi kok malah berubah lagi menjadi 1:40.000 itu gimana pak?tolong pak dibantu di balas lewat fb saya pak (rifky woedel zamroh)makasih
Nara. Nara_rp2@yahoo.com. bapak saya kesulitan membuat callout ballon baner di labelling,.. bisa mnta tutorialnya lagi karena saya gag nemu theme properties dimana? Terima kasih